Monday

Perbedaan Unitrak, Monocross Dan Prolink

Suspensi belakang motor yang umum sekarang adalah monoshock dan dual shock dengan berbagai macam variannya.Kan ada yang 4 shock? Anggap saja itu angin lalu varian dual shock yang dipecah. Kalo yang model matic lokal itu dual shock dikurangi satu.
MONOSOCK
Monoshock sendiri juga ada bermacam-macam, dan pemasangannya juga ada yang langsung, juga ada yang model link. Nah yang model link ini dulu oleh orang awam disebut Unitrak.
Padahal Unitrak itu adalah merk dagang Kawasaki untuk sintem monoshocknya, masih ada Monocross pada Yamaha, Prolink pada Honda dan Full Floater pada Suzuki.
Trivia : Monoshock sendiri juga pada awalnya adalah merk dagang Yamaha, tetapi telah menjadi identik dengan desain dalam cara yang sama seperti kasus Deltabox. Monoshock ini sudah ada sejak tahun 1930 namun dengan bentuk lain dan untuk keperluan khusus. Tahun 1977 mulai dipasarkan secara masal, walaupun masih terbatas untuk motor untuk keperluan balap.
Kita lihat beda antara Monocross, Prolink dengan Unitrak dari gambar berikut
monocross
Monocross : linkage terhubung ke sasis, posisi as shockbreaker sejajar vertikal dengan as connecting arm, connecting arm menghubungkan linkage dengan swing arm.
PROLINK
Prolink : linkage terhubung ke swing arm, posisi as shockbreaker lebih ke depan daripada as connecting arm, connecting arm menghubungkan sasis dengan linkage.
Unitrak : Linkage terhubung ke sasis, posisi as shockbreaker di belakang as connecting arm, connecting arm menghubungkan linkage dengan swing arm.
Secara sederhana antara Unitrak dengan Monocross hampir sama, linkage terpasang di sasis, beda di posisi as shock breaker. Sementara pro link berkebalikan, linkage terpasang di swing arm.
Untuk sistem full floater bentuknya seperti ini
Sepertinya ini untuk motor-motor jaman dulu, kalo yang sekarang sepertinya menggunakan sistem yang mirip dengan Unitrax.
Mari kita lihat diagramnya biar lebih jelas

Semoga bermanfaat.
supri kalimati.

No comments: