Suspensi belakang motor yang umum
sekarang adalah monoshock dan dual shock dengan berbagai macam variannya.Kan
ada yang 4 shock? Anggap saja itu angin
lalu varian dual shock yang dipecah. Kalo yang model
matic lokal itu dual shock dikurangi satu.
![]() |
MONOSOCK |
Monoshock sendiri juga ada
bermacam-macam, dan pemasangannya juga ada yang langsung, juga ada yang model
link. Nah yang model link ini dulu oleh orang awam disebut Unitrak.
Padahal
Unitrak itu adalah merk dagang Kawasaki untuk sintem monoshocknya, masih ada
Monocross pada Yamaha, Prolink pada Honda dan Full Floater pada Suzuki.
Trivia
: Monoshock sendiri juga pada awalnya adalah merk dagang Yamaha, tetapi telah
menjadi identik dengan desain dalam cara yang sama seperti kasus
Deltabox. Monoshock ini sudah ada sejak tahun 1930 namun dengan bentuk lain dan
untuk keperluan khusus. Tahun 1977 mulai dipasarkan secara masal, walaupun
masih terbatas untuk motor untuk keperluan balap.
Kita
lihat beda antara Monocross, Prolink dengan Unitrak dari gambar berikut
![]() |
monocross |
Monocross
: linkage terhubung ke sasis, posisi as shockbreaker sejajar vertikal dengan as
connecting arm, connecting arm menghubungkan linkage dengan swing arm.
![]() |
PROLINK |
Prolink
: linkage terhubung ke swing arm, posisi as shockbreaker lebih ke depan
daripada as connecting arm, connecting arm menghubungkan sasis dengan linkage.
Unitrak : Linkage terhubung ke
sasis, posisi as shockbreaker di belakang as connecting arm, connecting arm
menghubungkan linkage dengan swing arm.
Secara
sederhana antara Unitrak dengan Monocross hampir sama, linkage terpasang di
sasis, beda di posisi as shock breaker. Sementara pro link berkebalikan,
linkage terpasang di swing arm.
Untuk
sistem full floater bentuknya seperti ini
Sepertinya
ini untuk motor-motor jaman dulu, kalo yang sekarang sepertinya menggunakan
sistem yang mirip dengan Unitrax.
Mari kita
lihat diagramnya biar lebih jelas
Semoga bermanfaat.
supri kalimati.
No comments:
Post a Comment